1/31/2011

Antisipasi Menghadapi Gempa Bumi

Terjadinya gempa bumi tidaklah dapat diketahui dengan pasti. Gejalanya sulit untuk diramalkan. Oleh karena itu sebaiknya kita mengetahui daerah atau tempat-tempat yang rawan terhadap gempa bumi.

Dengan mengetahui daerah yang rawan terhadap gempa bumi maka kita setidaknya bisa menghindari resiko yang berkaitan dengan kerugian atau terjadinya korban yang banyak akibat gempa bumi tersebut.

Mencegah terjadinya gempa bumi adalah hal yang tidak mungkin, meramalkannyapun merupakan sesuatu yang sangat sulit. Untuk itu sangat diperlukan tindakan antisipasi berupa memperkecil kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi.

Banyaknya rumah atau bangunan yang roboh ketika terjadi gempa bumi menunjukkan rapuhnya konstruksi rumah/bangunan. Membangun rumah sebaiknya tidak hanya memikirkan bentuk fisiknya saja. Tetapi yang harus menjadi perhatian adalah konstruksinya sehingga jika sewaktu-waktu terjadi gempa tidak roboh. Juga harus dipastikan barang-barang berat perabot rumah tangga dalam keadaan aman sehingga tidak menjatuhi anggota keluarga kita pada saat kita berada di dalam ruangan atau pada saat kita tidur.

Selain bangunan rumah atau tempat tinggal yang kuat dan kokoh, beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum kejadian gempa bumi yaitu sebagai berikut;

Memberikan informasi tentang gempa bumi kepada seluruh anggota keluarga, baik tentang penyebabnya     maupun cara-cara menyelamatkan diri, termasuk diantaranya mempersiapkan nomor-nomor telepon yang harus dihubingi ketika terjadi gempa. Tunjukkan tempat-tempat yang aman untuk menghindari tertimpanya reruntuhan bangunan. Dan yang penting sikap kita harus tenang/tidak panik saat terjadinya gempa.

Sosialisasikan pada semua orang dengan memberikan penjelasan berbagai bentuk bencana alam agar mereka tidak mendapatkan informasi yang salah sehingga mereka tidak menjadi panik tatkala gempa terjadi.

Belajar melakukan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

Belajar menggunakan pemadam kebakaran.

Mengikuti pelatihan evakuasi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga-lemabga terkait.

Menyimpan surat-surat berharga di tempat aman dan mudah untuk diraih/diselamatkan.

Mempersiapkan nperlengkapan P3K, senter, makanan yang tahan lama, air minum di dalam wadah yang mudah untuk dibawa.

Telepon selular diletakkan di tempat yang mudah terjangkau.

Siapkan sandal atau sepatu yang mudah dipakai. Karena jika terjadi gempa bumi yang berakibat atap rumah runtuh, kaca jendela pecah, genting berhamburan, kita aman melewatinya.

Menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar di tempat yang tidak mudah pecah, agar terhindar dari kebakaran. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar