2/25/2011

60 Juta UKM Belum Tersentuh Bank....!?

Sebanyak 60 juta pengusaha Unit Kecil dan Menengah (UKM) ternyata belum tersentuh layanan jasa perbankan. Padahal, UKM memberikan kontribusi yang tidak kecil terhadap pertumbuhan ekonomi.
"Bank Indonesia (BI) pernah menjelaskan bahwa setidaknya ada 60 juta pengusaha UKM yang belum tersentuh aktivitas dan jasa perbankan," ujar Darmin dalam konferensi persnya di sela acara The 2010 AFI Global Policy Forum, Jimbaran, Bali
 
Menurut Darmin, pihaknya akan berusaha bagaimana caranya agar seluruh masyarakat dapat melek finansial atau dengan kata lain financial inclusion di mana masyarakat dapat tersentuh jasa keuangan terutama kepada bank.
 
"Kita akan terus mandalami Financial Inclusion di mana nantinya seluruh masyarakat dapat melek finansial dengan mendekati industri jasa keuangan terutama bank," tambahnya.

Lebih lanjut Darmin berharap, dengan adanya seluruh lapisan masyarakat terutama pengusaha UKM yang melek finansial maka diharapkan perekonomian dapat tumbuh dengan cepat. "Semua dilakukan untuk menambahkan kontribusi UKM terhadap perekonomian," tegas Darmin.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Alliance for Financial Inclusion, Alfred Hannig menuturkan masih ada sekitar 2,5 miliar orang di berbagai belahan dunia yang tidak memiliki akses terhadap layanan keuangan. 

"Maka dari itu perlu peningkataan dalam hal kecepatan, ukuran dan skala dari implementasi solusi kebijakan," tuturnya.

Ia juga menambahkan, hal tersebut perlu dilakukan untuk merealisasikan dampak potensial.

"Inovasi, implementasi, kemitraan, dan penggunaan teknologi di seluruh industri keuanhan perlu ditambah agar seluruh masyarakan melek finansial," tukasnya. Selengkapnya UMKM Jabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar